Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Buku : Asah Asuh Huruf



Judul Buku : Asah Asuh Huruf Kaligrafi Islam
Karya : Drs. H. Didin Sirojuddin AR., M. Ag.
Desain Cover : Kurnia Agung Robiansyah, SEI
Penerbit : Darul Ulum Press, Jakarta 2006

----------------------------------
Kebiasaan menyontek, menjiplak, meniru atau mencontoh telah menjadi bagian dari tradisi menurunkan ilmu menulis khat dari guru kepada muridnya. Mustafa Raqim misalnya, menulis Surat Al-Fatihah. Goresannya yang sangat bagus dan indah itu lalu ditulis ulang oleh sejumlah khatta besar seperti : Muhammad Syafiq, Azmi, Halim, Sami, Hamid Al-Amidi, Ali Al-Ruwati, Hasyim Muhammad, Sayid Ibrahim, dan siapa saja yang ingin tulisannya bagus.

Kebiasaan yang sama ada pada beberapa sekolah kaligrafi atau Madrasah Tahsinul Khutut di beberapa negara Timur Tengah. Cara itu berakibat pada semakin lancarnya goresan kalam sang murid, mirip goresan gurunya sehingga tulisannya semakin bagus. Turki yang dianggap pusat kaligrafi dunia telah mengembangkan “teori meniru” ini pada lomba yang berlevel internasional. Misalnya pada setiap International Calligraphy Competition yang diprakarsai oleh The Recearch Centre for Islamic History, Art and Culture (IRCICA) di Istambul. Yang imitasinya persis, peringkat kejuaraannya paling atas.

Ini sungguh menarik dan boleh jadi sama dengan lomba meniru suara burung, suara serigala atau suara kereta api. Himpunan karya master yang tidak mudah memperolehnya ini sangat ideal untuk ditiru. Maksudnya; untuk dijadikan latihan para khatta atau kaligrafer karena dari segi grammar dan artistiknya sangat kredibel bahkan telah mendapat pengakuan internasional. Hanya dengan selalu merasa tidak pernah sempurna, ilmu kita akan bertambah. Usaha untuk terus menerus mengembleng diri bagi kaligrafer profesional, merupakan tuntutan dan kebutuhan, karena sudah demikian saratnya agenda pembinaan di pelbagai tempat di tanah air kita.



Artikel Terkait :
Share This :