Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Khat Naskhi, gaya tulisan kaligrafi Islam untuk penulisan naskah.

Kaligrafi ditulis dengan Khat Naskhi
oleh Muhammad Ozcay - Turkey

Naskhi merupakan gaya penulisan kaligrafi yang sampai ke wilayah Arab Hijaz dalam bentuknya yang paling akhir setelah lepas dari bentuk asalnya yang kuno sebelum masa kenabian. Selanjutnya, gaya tulisan yang semakin sempurna tersebut digunakan untuk urusan administrasi perkantoran dan surat menyurat di zaman kekuasaan islam.

Hasil penyempurnaan gaya tulisan Naskhi
 dengan kombinasi Sulus ditulis oleh khattat Ibn Muqlah

Pada abad ke-3 dan ke-4 hijriyah, pola-pola Naskhi bertambah indah bekat kodifikasi yang dilakukan Ibnu Muqlah (272-328 H). Para ahli sejarah beranggapan, bahwa Ibnu Muqlahlah peletak dasar-dasar khat Naskhi dalam bentuknya yang sempurna di zaman Bani Abbas.

Khat Naskhi,  ditulis Oleh Khattat Mas'ud

Di zaman kekuasaan Atabek Ali (545 H), usaha memperindah khat Naskhi mencapai puncaknya, sehingga terkenalah gaya yang disebut Naskhi Atabeki yang banyak digunakan untuk menyalin mushaf Alquran di abad pertengahan Islam dan menggeser posisi kaligrafi Kufi kuno yang banyak digunakan sebelumnya. Khat ini disebut Naskhikarena para khattat atau kaligrafer dan pengarang banyak "menulis (yunassikhun)" mushaf Alquran dan pelbagai buku menggunakan gaya ini.

QS. Al-Baqarah, ditulis dengan gaya Khat Nashi
 oleh Khattat Muhammad Syauqi

Naskhi adalah gaya tulisan yang sangat lentur dengan banyak putaran dan hanya memiliki sedikit sudut yang kaku seperti sudut-sudut Kufi. Sekarang huruf-huruf Naskhi menyebar di aneka penerbitan untuk mencetak buku, koran, dan majalah, bahkan meluas menjadi huruf-huruf komputer.

Dibandingkan gaya khat lain, Naskhi lebih mudah digunakan untuk mengajari pembaca para pemula. Selain itu, dengan khat Naskhi membantu para penulisnya agar dapat menggoreskan penanya lebih cepat bila dibandingkan dengan penggunaan gaya kaligrafi lain semisal Sulus. hal ini disebabkan karena ukuran hurufnya yang kecil dan pertemuan secara jelas, terdiri dari goresan-goresan memanjangnya yang didukung oleh harmoni huruf-huruf dan keindahan posturnya. Secara keseluruhan, khat Naskhi terbagi kepada dua jenis yaitu : kat Naskhi Qadim  dan khat Naskhi Suhufi .



Sumber: D. Sirojuddin AR " Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam"

Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :