Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

LEMKA : Pesantren Kaligrafi Alquran Pertama di Indonesia


SEJARAH SINGKAT :
 
Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka merupakan pesantren pertama di Indonesia yang mengelola pendidikan dan latihan di bidang seni kaligrafi secara khusus. Berdiri di atas tanah wakaf dan tanah usaha wakaf yang terletak di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Dibuka awal studinya tanggal 9 Agustus 1998 M/1419 H.

Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka yang didirikan oleh para pendirinya –pendiri utamanya Drs. H.D. Sirojuddin AR, M.Ag.– merupakan laboratorium Lembaga Kaligrafi Alquran (Lemka) yang didirikannya pada tanggal 20 April 1985 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bertujuan mengembangkan seni kaligrafi di Indonesia.

Di Pesantren ini aktivitas santri diarahkan untuk menciptakan para khattat, pelukis kaligrafi, dan guru khat yang mahir dan berwawasan seni Islam yang luas, berani tampil berkompetisi dalam event-event lomba kaligrafi Nasional, ASEAN, dan Internasional, dan mampu menciptakan lapangan kerja dari usaha kaligrafi.

Dengan letak geografisnya yang strategis di lintasan bukit rekreasi Salabintana yang sejuk dan berhadapan dengan suasana kehidupan dinamis di segitiga Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka menjadi kampus seniman muslim yang nyaman untuk tafakur dan mengolah ilham dalam berkarya.

Di Pesantren Kaligrafi Alquran LEMKA, kaligrafi dapat dipelajari secara mudah dan dikuasai lebih cepat via menajemen LEMKA yang “membina dengan nuansa rekreatif”:
  1. Mengajarkan aliran-aliran huruf degan metode demontratif dan mengelolanya dalam lukisan dan aneka media. 
  2. Memdalami pelbagai aya khat secara detail dari huruf-huruf tunggal, tata letak, komposisi, harmoni, proporsi, unsur garis, cara menggores, dan teknik gubahan. 
  3. Menguasai khat melalui proses-proses pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa, dan evaluasi. Melukis dan diskusi kaligrafi di alam terbuka, bukit, tepi pantai, dan tempat-tempat rekreasi Jawa Barat, Banten dan Jakarta yang indah dan mengasyikkan. 
  4. Menambah wawasan dengan pengajian seni, mubahasah tafsir Alquran, teknik mengajar khat, dan organisasi kesanggaran. 
  5. Meningkatkan kreativitas santri melalui lomba-lomba kaligrafi dan pameran seni di tanah air dan manca negara. 
  6. Memberikan pelatihan kewirausahaan dan menyalurkan karya ke pasaran. 
  7.  
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN :

1. DIKLAT
  • Santri wajib mukim di pesantren. 
  • Materi pelajaran :  Pendalaman huruf (Khat Naskhi, Sulus, Diwani/Diwani Jali, Farisi, Kufi, dan Riq’ah). · Studi gaya kontemporer (Tradisional, Figural, Simbolik, Ekspresionis, dan Abstrak). · Pendalaman Gaya MTQ (Tipe Naskah, Hiasan Mushaf, dan Dekorasi). · Melukis di aneka media (kertas, kanvas, kaca, kayu, logam, dan lain-lain). · Pengembangan wawasan seni dan kesanggaran. · Partisipasi lomba dan pameran kaligrafi di pelbagai event. · Tafsir Al-Qalam, imla’, dan bahsul masail. · Pengkaderan guru khat. · Aktivitas ibadah dan kemasyarakatan. · Ekstravaganza (safari seni dan melukis di pusat-pusat rekreasi). · Kewirausahaan. c. 
  • Jenjang belajar 1 (satu) tahun. 
2. KURSUS KALIGRAFI
  • Dilaksanakan setiap hari Sabtu (16.00-17.45 WIB) & Ahad (09.00 - 10.45 WIB) 
  • Jenjang pendidikan terdiri dari : Basic I (Naskhi), Basic II (Sulus & Riq’ah), Basic III (Diwani & Farisi), Basic IV (tatawarna), dan Safari Seni. 
  • Setiap angkatan ditempuh maksimal 16 kali pertemuan. 
  •  
PENDAFTARAN :

1. Syarat-syarat Pendaftaran :
  • Mengisi Formulir
  • Menyerahkan foto copy identitas.
  • Pas foto 2x3 (2 lembar) dan 3x4 (3 lembar) 
  • Menandatangani surat kesanggupan mengikuti disiplin.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi: 

Pesantren Kaligrafi Alquran LEMKA 
JL. Bhineka Karya No. 53, Rt. 003/06 
Kelurahan Karamat, Gunung Puyuh, 
Sukabumi, Jawa Barat 43122
Telp./Fax (0266) 231754, (021) 7496279
 Email: lemkanet@yahoo.com
(w) www.lemka.net

Artikel Terkait :
Share This :