Mengenal cat Akrilik dan teknik penggunaannya dalam melukis. - Robians.com

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

1/02/2014

Mengenal cat Akrilik dan teknik penggunaannya dalam melukis.

Banyak pilihan jenis cat lukis dipasaran dan cat akrilik adalah salah satunya. Cat akrilik adalah cat bersenyawa air dan memiliki sifat cepat-kering. Jenis cat ini yang mengandung suspensi pigmen emulsi polimer inacrylic. Dalam penggunaannya, cat akrilik dapat diencerkan dengan air, tetapi menjadi kedap air saat kering. Tergantung pada seberapa banyak cat diencerkan (dengan air) atau dikombinasikan dengan gel khusus akrilik, medium, dan pasta.

Sebuah lukisan cat akrilik saat selesai dapat menghasilkan effek menyerupai cat air, cat minyak, atau memiliki karakteristik sendiri yang unik dan tidak dapat dicapai dengan menggunakan cat lukis lainnya. 

Kandungan cat akrilik terdiri dari campuran berbagai macam pigmen warna yang ditambahkan kedalam emulsi polimer akrilik untuk mendapatkan berbagai warna cat yang berbeda. Singkatnya, cat akrilik sebenarnya adalah cat plastik yang tersedia dalam bentuk pasta dan dikemas dalam semacam tube. 

Untuk menciptakan hasil akhir cat yang berbeda-beda, berbagai cairan aditif ditambahkan guna memperoleh berbagai jenis cat dengan sifat berbeda. Sebagian aditif membuat cat lebih tebal, tipis, atau kering lebih lambat.

Cat akrilik cenderung cepat kering dan setelah kering cat akrilik sulit dihapus kecuali dengan menggunakan larutan alkohol khusus. Aditif tertentu mengubah cara cat terlihat. Cat akrilik bisa dicampur dengan air hingga maksimum 30% agar tidak mengurangi kualitasnya. Mencampur dengan air akan membuat tampilan cat akrilik nampak lebih lembut dan transparan. Karena sifatnya yang mengering dengan cepat, pastikan mengaplikasikan cat akrilik secepat mungkin.

CARA MENGGUNAKAN CAT AKRILIK.


  1. Karena sifatnya yang cepat kering, maka dalam penggunaannya pastikan anda pisahkan sedikit cat dari beberapa warna yang anda butuhkan kedalam palet warna. Hal ini untuk menghindari penumpukan cat yang terbuang sia-sia.
  2. Pastikan untuk mengeringkan kuas setelah membilasnya. Hal ini untuk mencegah tetesan air jatuh di permukaan medium dan membuatnya bernoda.
  3. Anda dapat mencampur cat warna tertentu dengan warna putih untuk membuatnya terlihat buram (tidak transparan) atau mencampurnya dengan sedikit air untuk mendapatkan efek transparan.
  4. Cat akrilik bisa digunakan pada media kanvas, kain, kayu, bahkan dinding.
  5. Meskipun cat akrilik (acrylic) tidak beracun, namun jangan pernah digunakan untuk melukis kulit.


MENGENALI KUALITAS CAT AKRILIK.


Ada beberapa indikator dalam menilai kualitas cat akrilik yang kita gunakaan, antara lain :

Kekayaan, intensitas dan kedalaman warna. 

Sebagai seniman hal ini tentu menjadi faktor yang paling diperhatikan. Semakin banyak vareasi warna, semakin membantu pula dalam menciptakan detail warna yang dihasilkan. 

Walaupun pada hakikatnya warna awalnya dihasilkan hanya dari 3 warna primer, bukan berarti seorang pelukis hanya membutuhkan ketiga warna itu saja dalam melukis, akan tetapi pada kenyataannya ada beberapa warna yang tidak bisa dihasilkan dari pencampuran 3 warna primer tadi seperti metalik, gold, silver, dll. 

Semakin banyak tersedia pilihan warna yang diinginkan akan semakin membantu kekayaan proses dalam berkarya. Selain kekayaan dan vareasi warna, pelukis tentu akan lebih memilih cat yang memiliki ketajaman warna yang tinggi dibanding cat yang redup atau terlihat usang saat digoreskan.

Warna yang dihasilkan saat basah dan kering.

Cat akrilik berkualitas mengandung pigmen dengan ketajaman warna yang stabil baik saat basah atau ketika sudah kering.

Waktu pengeringan cat.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa cat akrilik memiliki sifat cepat kering. Akan tetapi idealnya ada jeda waktu yang tidak terlalu singkat agar proses pengolahan sebuah karya seni memiliki waktu yang ideal.

Kekuatan warna.

Anda tentu akan senantiasa memastikan bahwa karya seni Anda akan tetap bertahan seperti yang diinginkan selama beberapa generasi. Seorang kolektor lukisan tentu akan kecewa bila lukisan yang dibelinya ternyata warnanya pudar, kusam, atau berubah warnanya.

Daya sebar cat.

Adalah seberapa baik cat bisa menutupi lapisan sebelumnya atau seberapa jauh ia menyebar di kanvas. Hal ini dipengaruhi oleh kekuatan alam pigmen, tingkat pigmen dalam warna dan ketajaman alami pigmen.

-----------------------------------------------------
TAGS: CAT AKRILIK, MELUKIS CAT AKRILIK, CAT LUKIS, PERALATAN LUKIS, JENUS CAT LUKIS, CAT CEPAT KERING, MEDIUM AKRILIK, CARA MELUKIS.

Post Top Ad

Responsive Ads Here