Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

10 ( Sepuluh ) Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia



Masjid merupakan tempat suci ummat Islam. Pada masa rasulullah SAW, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadat magdhah, seperti shalat dan zikir, tetapi masjid juga sebagai tempat pendidikan, tempat pemberian santunan sosial, tempat latihan militer dan persiapan perang, tempat pengobatan para korban perang, tempat mendamaikan dan menyelesaikan sengketa, tempat menerima utusan delegasi/tamu, sebagai pusat penerangan dan pembelaan agama. Dari pembinaan yang dilakukan Rasulullah di masjid itu lahirlah tokoh-tokoh yang berjasa dalam pengembangan Islam ke seantero dunia, seperti Abu Bakar shiddiq, Umar bin al-Khatab, Usman bin 'Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Berikut adalah 10 Masjid Terbesar di Dunia, yang keberadaanya memiliki nilai historis dan peran yang sangat penting terhadap Islam dunia, yaitu :

1. Masjid Al-Haram - Mekkah Al-Mukarramah


Suasana Masjidil Haram dimalam hari tampak proyek
perluasan masjid masih berlangsung. [ blog Masjid al-Haram ]

Masjidil Haram merupakan masjid terpenting ummat islam. Adalah ka'bah merupakan banguan inti yng terdapat di masjid ini menjadi arah kiblat muslim seluruh dunia. Seluruh ummat islam melaksanakan ibadah hajiMasjid ini pertama kali mengalami perluasan pada tahun 1954 lalu, dimana saat itu hanya mampu menampung jamaah sebanyak 300,000 orang saja. Proyek perluasan kedua kemudian dilakukan pada masa raja Fahd bin Abdul Aziz, dimana peningkatan jumlah kapasitas Masjidil Haram saat itu menjadi 630,000 orang.

Kini telah ada banyak proyek perluasan kapasitas Masjidil Haram, namun proyek kali ini merupakan proyek terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah tempat suci umat Islam tersebut.Jika proyek perluasan ini selesai, maka komplek Masjidil Haram akan menjadi seluas 500,000 meter persegi, yang juga berarti dua kali lipat ukuran luas Masjidil Haram saat ini. Dengan luas bangunan tersebut, masjid suci ini mampu menampung hingga 4 juta jamaah dalam satu waktu.


2. Masjid Nabawi - Madinah


Masjid Nabawi disore hari. [ blog emilia90 ]

Masjid Nabawi, adalah salah satu mesjid terpenting yang terdapat di Kota Madinah, Arab Saudi karena dibangun oleh Nabi Muhammad saw. dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya.

Awalnya, masjid ini berukuran sekitar 50 m × 50 m, dengan tinggi atap sekitar 3,5 m Rasulullah saw. turut membangunnya dengan tangannya sendiri, bersama-sama dengan para shahabat dan kaum muslimin. Tembok di keempat sisi masjid ini terbuat dari batu bata dan tanah, sedangkan atapnya dari daun kurma dengan tiang-tiang penopangnya dari batang kurma. Sebagian atapnya dibiarkan terbuka begitu saja. Selama sembilan tahun pertama, masjid ini tanpa penerangan di malam hari. Hanya di waktu Isya, diadakan sedikit penerangan dengan membakar jerami.

Setelah itu berkali-kali masjid ini direnovasi dan diperluas. Renovasi yang pertama dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 17 H, dan yang kedua oleh Khalifah Utsman bin Affan pada tahun 29 H. Di zaman modern, Raja Abdul Aziz dari Kerajaan Saudi Arabia meluaskan masjid ini menjadi 6.024 m² pada tahun 1372 H. Perluasan ini kemudian dilanjutkan oleh penerusnya, Raja Fahd pada tahun 1414 H, sehingga luas bangunan masjidnya hampir mencapai 100.000 m², ditambah dengan lantai atas yang mencapai luas 67.000 m² dan pelataran masjid yang dapat digunakan untuk salat seluas 135.000 m². Masjid Nabawi kini dapat menampung kira-kira mampu menampung satu juta jamaah sekaligus sehingga tercatat sebagai salah satu masjid terbesar di dunia.


3. Masjid Imam Reza - Mashhad, Iran




Dilihat dari dimensinya, Masjid atau Kuil Imam Reza sebenarnya tercatat sebagai masjid terbesar di dunia. Namun dalam hal kapasitas, masjid megah yang terletak di kota Mashhad, Iran, ini berada di urutan ketiga. Masjid Imam Reza mencakup wilayah seluas 598.657 meter persegi dengan kapasitas maksimal 700.000 jamaah. Masjid kebanggaan Iran tersebut juga menjadi lokasi dari makam Imam Reza, imam ke-8 dalam kepercayaan Shi’a. Dari situlah nama Masjid Imam Reza atau Kuil Imam Reza berasal.


4. Masjid Agung Sultan Qaboos - Oman


Masjid Agung Sultan Qaboos. [ beautifulmosque ]

Tak mau kalah dari negara-negara timur tengah lainnya, Oman juga membangun salah satu masjid terbesar di dunia. Negara yang berbatasan dengan Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan Yemen tersebut kemudian membangun Masjid Agung Sultan Qaboos di kota Muscat pada tahun 2001. Upaya tersebut berhasil dan Masjid Agung Sultan Qaboos kemudian dinobatkan sebagai salah satu masjid terbesar di dunia. Luas total Masjid Agung Sultan Qaboos mencapai 416.000 meter persegi dengan kapasitas maksimal 20.000 orang. Tak cuma luas, masjid ini juga terbilang unik karena dibuat dari 300.000 ton batu pasir India yang menciptakan warna putih tulang yang kalem.

5. Taj-ul-Masjid - Madya Pradesh, India


Taj-ul-Masjid - Madya Pradesh, India. [ rakheeghelani ]


Menjadi negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu bukan berarti India tidak memiliki masjid indah dan megah. India punya salah satu masjid terbesar di dunia yaitu Taj-ul-Masjid yang berada di kota Bhopal, negara bagian Madhya Pradesh. Taj-ul-Masjid memiliki luas total 400.000 meter persegi dengan kapasitas 175.000 jamaah. Tak cuma sebagai rumah ibadah, Taj-ul-Masjid juga berfungsi sebagai madrasah di siang hari. Sayangnya, sebagian bangunan masjid sudah tampak usang dan tak terawat.


6. Masjid Istiqlal - Jakarta, Indonesia
 
Masjid Istiqlal - Jakarta, Indonesia [justkardoman]

Masjid Istiqlal – ternyata juga masuk ke dalam daftar masjid terbesar di dunia. Berdiri kokoh dengan luas 95.000 meter persegi, masjid di pusat kota Jakarta ini mampu menampung umat Muslim sebanyak 120.000 orang. Masjid Istiqlal kini tercatat sebagai masjid nasional di mana Presiden melaksanakan ibadah salat Idul Fitri dan Idul Adha setiap tahun. Masjid ini juga menjadi salah satu lokasi pembagian zakat fitrah dan hewan kurban utama di Indonesia.

7. Masjid Hassan II - casablanca, Maroko

Masjid Hassan II - casablanca, Maroko [travel-exploration]

Masjid Hassan II merupakan masjid terbesar di Maroko dan masjid terbesar ke-7 dunia. Berlokasi di kota Casablanca, Masjid Hassan II juga terkenal dengan julukan Casablanca Hajj. Salah satu daya tarik yang dimiliki Masjid Hassan II adalah keberadaan menara 60 tingkat dengan tinggi 210 meter. Menara yang dilengkapi dengan laser tersebut telah dinobatkan sebagai menara masjid tertinggi di dunia. Masjid Hassan II yang diakui sebagai salah sastu masjid terbesar di dunia memiliki luas kurang lebih 90.000 meter persegi. Atap warna hijau yang dimiliki masjid ini memberikan kesan teduh di tengah teriknya sinar matahari di siang hari.

8. Masjid Nasional Uganda

Masjid Nasional Uganda [globotrek]

Dulunya, Masjid Nasional Uganda dikenal sebagai Masjid Nasional Gaddafi. Maklum, masjid kebanggan Uganda ini memang dibangun oleh mantan Presiden Libya, Muhammad Gaddafi, yang namanya sempat menghiasi media internasional pada pertengahan Agustus 2011. Masjid ini memiliki desain yang unik dengan adanya pergola tiang berbentuk setengah lingkaran di bagian depan masjid. Paduan warna krem dan cokelat muda yang kalem menambah manis penampakan Masjid Nasonal Uganda.  Dengan luas 48.562 meter persegi, Masjid di kawasan Kampala ini bisa menampung 12.200 jamaah sekaligus.

9. Masjid Faisal - Islamabad Fakistan

Masjid Faisal - Islamabad Fakistan [trekearth]

Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan dan salah satu masjid terbesar dunia. Masjid Faisal dengan luas total 43.295,8 meter persegi memiliki kapasitas maksimal 300.000 orang. Bentuk bangunan masjid ini amat unik. Sekilas, bangunan Masjid Faisal tampak seperti sebagian topeng Darth Vader dalam kisah Star Wars. Ditambah latar pegunungan Himalaya yang indah, Masjid Faisal menjadi sebagai salah satu objek wisata populer di Pakistan.

10. Moschea di Roma

Moschea di Roma [prolocoroma]

Siapa sangka jika Roma ternyata menyimpan salah satu masjid terbesar di dunia. Moschea di Roma atau Masjid Roma yang memiliki luas 30.000 meter persegi tak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga tempat pertemuan dan layanan sosial dan budaya bagi umat Muslim di kota Roma. Pembangunan masjid ini digagas oleh Pangeran Muhammad Hasan dari Afghanistan dan didanai oleh Raja Faisal dari Arab Saudi. Perencanaan pembangunan masjid memakan waktu 10 tahun, sementara proses pembangunan masjid dari awal hingga selesai mencapai sekitar 11 tahun.

Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :