Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Al-Hajj Muhammad Nadzif 1846 M - 1913 M

والله غا لب على امره [foto by mobda3]
Lahir pada tahunn 1262 H/ 1846 M di salah satu kota Bulgaria. Pindah ke Istanbul bersama bapaknya (Musthafa Afandi). Belajar tsuluts dan naskh dari Syafiq Bik, kemudian dari Abdul Ahad Wahdati Afandi.

Belajar ta’liq, diwani jaly, tughra’ dan tsuluts jaly dari Sami Afandi. Kepada muridnya tersebut, Sami Afandi memujinya dengan mengatakan bahwa Allah swt telah menciptakan Nadzif untuk memperbaiki tulisan. Bekerja sebagai khattath pada “Dairah Arkan Harbiyyah”, dikenal dengan kepiawaiannya dalam menulis nama-nama yang panjang pada peta yang dicetak dengan litografi.

Salah satu dari tokoh kaligrafer yang mendedikasikan hidupnya untuk menulis berbagai karya dalam banyak jenis kaligrafi, dan meninggalkan banyak sekali ‘warisan’ yang menakjubkan.

Di antara tulisan yang ditinggalkan adalah tarkib tsulust pada nisan (syahid qubur) putri dari Sami Afandi (gurunya), yang oleh sebagain khattath dianggap sebagai tulisan paling baik dan tarkib yg paling kuat pada nisan. Termasuk salah satu di antara para penulis mushaf yang handal dan bagus. Di antara mushaf yang ditulisnya pernah beredar dan dipakai di Mesir. Mushaf terakhir beliau tulis pada tahun 1309 H.

Beliau meninggal dunia pada tanggal 29 Rabi’ul Awwal 1331 H/ 8 Maret 1913 M. Dimakamkan di pemakaman Yahya Afandi, daerah Besiktas, Istanbul.

[M. Nur]

Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :