Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Tips : Pembuatan Kertas Kaligrafi - Waraq Muqahhar - Ahar Paper

Hingga kini teknik secara tradisional masih dilakukan dalam menulis kaligrafi Islam. Proses penulisan khat dimulai dengan cara menggoreskan tinta menggunakan sebilah bambu yang dipotong dengan kemiringan tertentu dan menuliskannya pada kertas. Pada bagian ujung mata pena bambu tersebut kemudian dibuatkan belahan yang berfungsi untuk mengalirkan tinta agar tetap stabil dan mementuk goresan halus.

Selain tinta dan pena,  pemilihan kertas yang baik merupakan salah satu faktor pendukung dalam menghasilkan karya kaligrafi yang sempurna.

Disaat kertas dipilih para khattat sebagai media untuk menuliskan kaligrafi islam, ada beberapa hal yang menjadi persoalan dan harus terpecahkan. Persoalan tersebut adalah bagaimana caranya kertas yang digunakan harus lancar saat digores dan tidak terlalu meresap, sehingga hasil goresannya pun tidak menyebar kedalam serat kertas atau bahkan tembus. sehingga memungkinkan goresan tinta dan mata pena kaligrafi yang dihasilkan lebih panjang dan tidak ada hambatan. Untuk itulah kemudian beberapa khattat melapisi permukaan kertas mereka agar segala persoalan tersebut teratasi.

Video oleh : Ust Yacoub Ismail Sulaiman dari Jordania
Pada Festival Seni Islam Kuwait

Tahap I


Tahap II


Tahap III


Sumber : Kuwait Islamic Arts Center
Didukung Oleh : Youtube.com

Kategori: ,
Artikel Terkait :
Share This :