Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Membuat Tinta Kaligrafi dengan Cat Akrilik



Ada banyak pilihan jenis cat akrilik yang beredar, mulai dari cat akrilik yang biasa digunakan untuk pengecatan dinding dengan vareasi kanduangan akrilik yg berbeda-beda tentunya, cat akrilik yang dicampur sendiri menggunakan pigmen warna, atau cat akrilik yang dikemas secara khusus dalam tube yang peruntukannya untuk melukis.

Untuk anda yang hobi menulis kaligrafi,  tentu tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri tinta kaligrafi dengan bahan-bahan yang cukup populer disekitar anda. Selain mudah,  anda pun dapat memadupadankan pilihan warna yang anda suka. bebarapa bahan yang harus dipersiapkan antara lain : 1. Cat akrilik, Medium akrilik, Air, Botol.

Bahan-bahan

1. Cat akrilik
Sebagaimana diawal,  ada banyak jenis cat akrilik. Untuk membuat tinta berkwalitas, hendaknya anda gunakan cat akrilik khusus untuk lukis yang tersedia dipasaran dalam bentuk tube.

2. Medium akrilik
Medium ini berfungsi mengikat cat dan melindunginya agar tidak berubah sifatnya, baik itu warna dan kadar kekentalannya. Selain itu, medium akrilik memiliki fungsi khusus untuk menghasilkan efek akhir cat yang akan dihasilkan. Efek-efek tersebut mulai dari mate hingga efek high super gloss, dan atau efek lainnya.

3. Air steril
Air difungsikan untuk mengurangi kekentalan dan menambah tingkat transfaransi dari cat akrilik.

4. Botol
Botol ini untuk menampung adonan yang telah dicampur hingga tinta kaligrafi siap untuk digunakan.

Proses Pembuatan Tinta.

Siapkan air dan medium akrilik, buatlah takaran masing-masing dengan perbandingan 1 : 1 secara terpisah. Mulailah dengan menuangkan medium akrilik kedalam wadah air sedikit demi sedikit sambil mengaduknya dengan tongkat secara  terus menerus. Lakukan seluruh tahapan pencampuran air dengan medium akrilik sampai semua takaran tercampurkan secara merata dan sempurna. Kemudian pilihlah cat akrilik dengan warna yang anda suka lalu campurkanlah sedikit demi sedikit sambil mengaduknya dengan tongkat secara terus menerus kedalam larutan air dan medium yang sudah dibuat sebelumnya.

Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :