Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Menteri Agama RI resmikan penulisan Mushaf Alquran Standar Indonesia

Penulisan ayat pertama Bismillahirrahmanirrahim,
Mushaf Alquran Standar Indonesia

Jakarta. Rabu, 17 Rajab 1436 H/ 6 Mei 2015 M, Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal TMII memperingati miladnya yang ke-18. Ada yang berbeda dari peringatan milad sebelumnya, dimana salah satu puncak acara ini adalah prosesi peresmian penulisan  "MUSHAF AL-QURAN STANDAR INDONESIA".

Sebagai tanda peresmian dimulainya penulisan Mushaf Alquran Standar Indonesia , Ayat pertama Bismillahirrahmanirrahim ditulis oleh H.  Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama Republik Indonesia) dan  Prof.Dr.Quraish Shihab (pendiri Pusat Studi Al-Quran), disaksikan Abdurrahman Masud (Kabalitbang dan Diklat) dan Muhklis Hanafi (Direktur Lajnah Pentashih Mushaf Alquran).

Proses Penulisan Mushaf Alquran Standar Indonesia oleh Isep Misbah 

Mushaf Alquran Standar Indonesia  ini akan ditulis menggunakan format "Alquran Pojok" sesuai dengan rasm usmani oleh H. Isep Misbah - seorang kaligrafer berprestasi Internasional kelahiran Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia. Jenis tulisan yang digunakan adalah Naskhi, dan untuk pelengkap tanda Surat dan lainnya menggunakan Khat Sulus.  Gaya penulisan Naskhi sangat populer digunakan dalam penulisan mushaf Alquran karena dinilai mudah untuk dipahami dan sudah sangat akrab dimata mayoritas penduduk muslim nusantara. Setiap halaman mushaf ini terdiri dari 15 baris yang diakhiri oleh ujung ayat. Model penulisan seperti ini akan memudahkan para penghafal Alquran.

Untuk mewujudkan mushaf ini, dibutuhkan kurang lebih dua tahun untuk penyelesaiannya. Mushaf ini rencananya akan digunakan sebagai standar baku penulisan dan penerbitan Alquran nusantara. Sehingga diharapkan  dengan penulisan ulang mushaf standar ini dapat memenuhi setiap kebutuhan dan harapan ummat Islam Indonesia.

Sebelumnya, MUSHAF AL-QURAN STANDAR INDONESIA Kementrerian gama RI telah ditulis oleh Muhammad Sadzali Sa'a (1975), Muhammad Abdurrazaq Muhili (1988), serta Baiquni Yasin dan Tim (2001). Hanya saja format penulisan yang digunakan saat ini bukan Alquran Pojok.

Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :