Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Qalam Jawi, Alat Tulis Kaligrafi yang Mendunia

Tahukah anda pena yang biasa digunakan para penulis kaligrafi Islam dunia dapat dengan mudah ditemui disekitar kita?

Qalam Jawi (قلم جاوي ) - Arab,  nama ini seolah tidak asing lagi dikalangan penulis khat dunia.  Istilah Jawi diambil dari penyebutan nama "Jawa". Jawa itu sendiri adalah nama sebuah pulau di Indonesia dan merupakan terluas ke-13 di dunia. Dengan penduduk sekitar 136 juta, pulau ini berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia. Meskipun hanya menempati urutan terluas ke-5, Pulau Jawa dihuni oleh 60% penduduk Indonesia.

Tanah yang subur memiliki kontur tanah pegunungan membuat Jawa ditumbuhi tanaman dan pepohonan yang beragam, salah satunya adalah pohon Aren, Enau, atau Kawung.

Pohon Aren atau Enau,  tanaman sejenis falm yang serbaguna
Bahan pembuatan Qalam Jawi (قلم جاوي ) sesungguhnya merupakan bagian dari pohon aren atau enau itu sendiri. Bagian pohon aren yang digunakan untuk menulis kaligrafi adalah lidi hitam yang biasa terdapat pada bagian ijuk pohon aren. Ijuk, injuk, juk atau duk merupakan bagian serabut berwarna hitam yang menyelimuti bagian atas pohon aren. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang.

Lidi Ijuk atau Harupat - Sunda,  adalah bagian dari pohon
aren yan biasa digunakan sebagai bahan
pembuatan Qalam Jawi

Dikalangan santri di Jawa, batang ijuk atau harupat secara tradisional biasa digunakan sebagai alat tulis dalam merangkum terjemah atau keterangan kitab kuning. Batang ijuk biasa digunakan dengan cara diraut membentuk mata pena, lalu kemudian mencelupkannya dengan tinta saat akan digunakan untuk menulis.

Penampakan batang Ijuk atau Harupat - Sunda
Untuk kebutuhan penulisan khat,  batang harupat dipotong dan dibentuk pipih dengan kemiringan yang disesuaikan seperti mata pena kaligrafi. Tradisi ini pun sudah turun temurun dan terus dilestarikan, bahkan menyebar keseluruh dunia seiring dengan menyebarnya para santri untuk belajar agama islam secara lebih mendalam hingga manca negara. Kini ribuan batang harupat mentah dan ratusan unit qalam jawi siap pakai perbulan, tersebar memenuhi permintaan para khattat dunia.  Sebutlah Turki,  Syria, Mesir,  India,  Jordan, Irak,  Saudi Arabia, Malaysia,  Brunei Darussalam,  Inggris, dll.

Salah satu bentuk Qalam Jawi yang siap digunakan.
Buatan tangan - Ahmad syafi'i - LEMKA 

Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :