Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Khat Riq'ah, goresannya yang mempesona.

khat riq'ah
Salah satu halaman pedoman penulisan khat Riq'ah,
ditulis oleh kaligrafer Muhammad Izzat

Khat Riq'ah merupakan salah satu gaya penulisan kaligrafi populer dah lebih dikenal secara luas oleh karena gaya penulisannya sering digunakan dalam keseharian masyarakat muslim dunia.  Jenis tulisannya tergolong kedalam gaya penulisan cepatt

Dengan bentuknya yang sederhana, hurufnya yang pendek-pendek dan tidak memiliki tanda baca, penulis tidak perlu susah-susah memutar-mutar tangannya dalam menulis karena khat Riq'ah jarang sekali dikreasikan kedalam bentuk yang beragam. Ia cukup ditulis berbaris horisontal menyamping dengan arah tulisan miring kekiri formula penulisan dimulai dari kiri kekanan dari atas kebawah.

Riq'ah sesungguhnya berasal dari kata bahasa arab yaitu ruq'ah.  Kata ruq'ah merupakan persamaan kata dari qith'ah yang berati potongan. Sepotong kain, kayu, atau tanah semuanya disebut ruq'ah. Dalam kaligrafi Islam, dinamakan ruq'ah atau riq'ah karena ia biasa dituliskan diatas potongan kulit (riq'atun minal jildi). Dalam perkembangannya penamaan Ruq'ah lebih populer dengan penyebutan kata riq'ah.

Dari beberapa literatur menyebutkan, bahwa seorang kaligrafer bangsa Turki Usmani bernama  Abu Bakar Mumtaz bin Musthofa Afandi (Mumtaz Bik Al-Mustasyar) tahun 1280 H atau tahun 1863 M dipercaya sebagai penemu dari gaya penulisan khat Riq'ah ini.

Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :