Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Mengenal jenis medium akrillik dalam lukisan

jenis medium akrilik
varian medium akrilik [art is fun]

Penggunaan medium akrilik dalam lukisan memiliki fungsi yg berbeda-beda. Diantara fungsi tersebut adalah guna menghasilkan efek mengkilap pada lukisan, menipiskan warna,  menebalkan, memberi efek berkilau, bertekstur, klasik, terkesan kuno, dll.

Untuk menghasilkan efek yang diingikan pada hasil akhir sebuah lukisan, diperlukan teknik dan takaran yang tepat dalam mencampurkan medium sebelum melukiskannya pada media kanvas. Akan tetapi untuk jenis medium tertentu hanya diformulasikan untuk melapisi dan melindungi lukisan dari kerusakan akibat termakan usia, goresan, atau kotoran sehingga penggunaannya cukup dengan melapiskannya pada lukisan yang telah jadi. Berikut adalah jenis-jenis medium akrilik yang beredar dipasaran.

  • Medium yang berfungsi untuk menipiskan warna cat atau memberi efek glasir (Glazing or Fluid Mediums)
Cat akrilik diciptakan berbahan dasar air. Akan tetapi ingat,  pemakaian air secara berlebih pada cat akrilik akan membuat cat kehilangan warna dan unsur pengikat cat didalamnya. Hal ini menyebabkan cat mudah pudar dan berubah warna. Penggunaan medium yang satu ini berfungsi untuk menghasilkan warna-warna transparan dan mastikan cat tersebut menempel kuat pada media yang digunakan.

glazed medium akrilik
produk glazed medium dari Liquitex [ artsparx ]

  • Medium yang berfungsi untuk memperlambat proses pengeringan cat akrilik (retarted mediums)
Salah satu karakter dari cat akrilik adalah cepat kering. Dengan sifatnya ini tentu menjadi sebuah kelebihan karena secara proses tentunya akan membantu mempercepat selesainya lukisan yang kita buat. Akan tetapi menjadi sebuah kelemahan manakala kita ingin menciptakan lukisan dengan anatomi detail dan membutuhkan sapuan gradasi warna yang tercampur secara sempurna. Nah dengan medium yang satu ini proses pengeringan cat menjadi lebih lama, sehingga memungkinkan kita mengolah cat secara cermat.

  • Medium yang berfungsi untuk memberi penebalan pada cat akrilik (texture medium)
Dalam sapuan kuas normal,  umumnya cat akrilik hanya menghasilkan ketebalan cat standar dan cenderung tipis disaat kering.

Untuk memberikan efek tekstur pada lukisan, Medium ini diciptakan untuk memberi efek tebal pada cat yang kita goreskan dengan kuas ataupun pisau palet. Cukup dengan mencampurkan medium dengan cat yang kita inginkan. Diantara banyak medium texture yang tersedia merupakan perpaduan gel dengan berbagai macam pilihan bahan yaitu pasir,  serbuk batu alam, manik-manik,  serat,  dsb. Kita bisa melihat isi kandungan medium tersebut dari tabel yang berada pada kemasan medium tersebut.

  • Medium Akrilik Gloss
Berfungsi untuk meningkatkan kemilau cat dan melapisinya. Selain itu, medium gloss bisa difungsikan untuk menghasilkan cat tipis transparan dengan tingkat kemilau yang kuat.

  • Medium Akrilik matte
Sebetulnya cat akrilik akan terlihat berkilau,  adakalanya kita menginginkan sapuan cat yang tidak berkilau. Matte medium ini berfunfsi untuk meredam kilauan cat akrilik agan terlihat kusam.

matte medium
Matte medium winsor [art suplies]

  • Akrilik Gessos
Sedikit berbeda dengan kategori medium akrilik lainnya,  gessos dirancang bukan sebagai media pecampur cat agar menghasilkan efek tertentu. Gessos digunakan sebagai bahan pelapisan awal media lukis seperti kanvas atau papan. Umumnya gesso berwarna putih,  akan tetapi tersedia pula dengan lapisan transparan atau warna gelap.

  • vernis Akrilik
Biasa digunakan sebagai pelapis akhir pelindung lukisan. Meski demikian,  ada beberapa pelukis yang memperlakukannya seperti medium pada umumnya yaitu menggunakannya pada saat proses pembuatan lukian. Ada tiga varian vernis yaitu super glossy,  semi glossy,  dan matt finish. 

[robians]







------------------------------------------
TAGS : JENIS MEDIUM,  MEDIUM AKRILIK,  MEDIUM LUKIS,  CARA MELUKIS,  MEMILIK MEDIUM,  TEKSTUR LUKISAN,  MACAM-MACAM MEDIUM


Kategori:
Artikel Terkait :
Share This :