Latest Post

pengunjung web :

Google+ Followers

HOME

Tentang ROBIANS

DESAIN

galeri

syarat & ketentuan

Kebijakan Privasi

KONTAK

Mengenal GRC krawangan dan trend aplikasinya dalam proses rancang bangun.

grc krawangan
Proses pemasangan GRC krawangan untuk gerbang
TUSCANY Residence. [Foto & desain NOQTAH Art]

Dibanding krawangan, penyebutan loster lebih dulu akrab dikalangan masyarakat umum, pekerja bangunan dan  perencana rancang bangun. Istilah krawangan muncul seiring dengan permintaan varian material dan kebutuhan dekorasi semakin banyak diminati.

Krawangan atau trawangan berawal dari makna kata itu sendiri yang artinya transparans, tebus, bolong, atau dapat dilihat. Dalam perkembangannya, istilah krawangan lebih khusus merujuk pada penyebutan bentuk-bentuk ornamen dekoratif dengan tampilan berlubang atau bolong-bolong.

Trend penggunaan material GRC dalam bangunan, membawa krawangan menjadi salah satu varian produk alternatif  yang banyak diminati. Desain krawangan dengan gaya motif  Islam Timur Tengah (arabesque) misalnya, GRC krawangan jenis ini banyak kita temukan pada masjid-masjid berbagai daerah di nusantara. GRC krawangan ini biasa diaplikasikan untuk mempercantik dekorasi bagian jendela masjid, partisi ruang, realing, menara, ventilasi udara, atau bahkan plafon.


grc krawangan masjid
GRC krawangan sebagai pemanis
hongliong jendela mushalla. [Foto & desain NOQTAH Art]
grc krawangan masjid
Proses pemasangan GRC krawangan. [Foto & desain NOQTAH Art]
grc krawangan masjid
Sebelum dipasang GRC krawangan berbentuk panel-panel parsial.
[Foto & desain NOQTAH Art]

Secara fisik, GRC krawangan memiliki dimensi ketebalan panel lebih tipis bila dibandingkan dengan loster standar. Hal ini dikarenakan dalam proses produksinya campuran bahan GRC didesain agar produk akhir yang dihasilkan memiliki bobot lebih ringan, kuat, dan lebih rapih. GRC krawangan yang beredar dipasaran memiliki ketebalan mulai dari 3 s.d 4 cm.  Bandingkan dengan ketebalan loster dengan ketebalan rata-rata 7 cm, lebih tipis bukan?


grc krawangan
Ketebalan panel GRC krawangan berkisar antara 3 s.d 4 cm.
[Foto & desain NOQTAH Art]

Selain itu, GRC krawangan umumnya berbentuk panel utuh seukuran bidang yang dibutuhkan, dan atau jika membutuhkan pemecahan modul biasanya tidak terlalu banyak dan hanya untuk mempertimbangkan kemudahan dalam proses pengankutan dan instalasi dilapangan.

Selain masjid atau musholla, penggunaan GRC krawangan juga biasa digunakan sebagai pengisi ruang dekoratif pada bagunan rumah tinggal, gedung, apartemen, atau bahkan gerbang.


grc krawangan
GRC krawangan dengan bentuk ranting pada gerbang perumahan PT. GMP.
[Foto & desain NOQTAH Art]

Umumnya GRC krawangan tidak diproduksi secara masal melainkan dengan pesanan khusus. Setiap detail desain yang diinginkan dapat dijangkau dan dibuat sehingga anda dapat dengan mudah mengkrasikan sendiri setiap detail ide untuk mempercantik bangunan favorit anda. Sebelum melakukan pemesanan, ada baiknya anda memperhatihakn hal-hal berikut ini :
  1. Pastikan quantity GRC krawangan anda memenuhi minimum order produksi, biasanya berkisar antara 20 meter persegi per order produksi. Hal ini berpengaruh karena dalam prosesnya GRC krawangan membutuhkan pembuatan cetakan.
  2. Upayakan desain yang anda buat dapat terjangkau dalam proses pengecoran panel. Besaran ukuran batang krawangan idealnya dikirasan antara 2 s.d 6 cm.
  3. Sebelum melakukan pemesanan, pastikan anda memilih perusahaan yang berpengalaman dengan hasil produksi yang memuaskan. Hal ini ditandai dengan presisi tiap sudutan desain panel, proses finishing yng baik, serta panel GRC yng kokoh.
  4. Pertimbangkan kondisi fisik bangunan anda. Proses pemasangan panel dengan melakukan pengelasan dan perapihan sambungan-sambungan panel. ada baiknya mempertimbangkan bobot panel akhir dengan pemasangan cor slup tiap tepi bukaan bidang yang akan dipasang GRC krawangan.

Jika anda ragu, pastikan konsultasikan kebutuhan GRC krawangan anda  :



Studio NOQTAH ART,
Jln. Ceger Raya, Perkantoran Ganda Asri Blok A No. 5, Pondok Karya,
Pondok Aren, Tangerang Selatan - INDONESIA
Contact Person: Kurnia Agung Robiansyah,
Hp. +6281 7482 4259
(w) www.noqtahart.com
(e) kurnia_ar@noqtahart.com


Lihat produk lainnya DISINI.



--------------------------------------------------------------------
TAG : GRC, GRC KRAWANGAN, GRC ORNAMEN, PRODUKSI GRC, HARGA GRC, DEKORASI GRC, DESAIN, ARTISTIK, DEKORASI BANGUNAN, METERIAL SPESIAL, PABRIK GRC, CETAK GRC, RELIEF ORNAMEN.

Artikel Terkait :
Share This :