Kaligrafi

GRC Bahan Bangunan Alternatif yang Istimewa

Permintaan material GRC terus meningkat tajam seiring dengan berkembangnya inovasi desain bangunan yang sangat beragam. Kenyataan dunia arsitektur yang terus berkembang dan tak henti-hentinya melakukan terobosan, membuat semua praktisi bangunan terus berlomba-lomba mencari cara praktis dan efisien guna mewujudkan selera desain yang terus bergulir.

Kini permintaan perwajahan sebuah bangunan dituntut memiliki sentuhan artistik. Setiap sudut ruang dan bidang bangunan selalunya diberikan sentuhan dekoratif agar perwujudan desain sebuah rumah memiliki nilai lebih. GRC menjadi salah satu bahan alternatif untuk menjawab kebutuhan tersebut. Kenapa demikian? karena GRC dapat menjangkau setiap detail desain yang rumit sekalipun, termasuk didalamnya untuk pembuatan produk dekorasi. Untuk mengenal lebih dalam apa itu GRC, berikut Robians.com memaparkannya untuk anda.
Beberapa contoh aplikasi GRC cetak produksi NOQTAH Art - Tangerang Selatan

Apa itu GRC ?

GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) adalah bahan bangunan yang sangat baik digunakan terbuat dari semen potland dan pasir yang diperkuat dengan fiberglass alkali resistant.  Tulangan fiberglass saling menganyam satu sama lain membentuk formasi yang saling mengikat dengan material lainnya, sehingga terciptalah produk yang ringan, kuat dan fleksibel.
Jika dilihat penampilan secara fisik, penampakan produk GRC terlihat seperti beton pada umumnya. Hanya saja penggunaan bahan ini dapat dibuat sesuai bentuk yang diinginkan, bahkan untuk pengerjaan yang sangat detail sekalipun.
  
Ukiran dan bentuk ornamen diatas adalah beberapa contoh produk yang terbuat dari GRC.

Keunggulan produk GRC.

Ada beberapa keunggulan bahan GRC yang tidak dapat ditemukan pada beton atau plester standar, antara lain :
  • Bobot yang ringan, 
  • Mudah dalam pemasangan, 
  • Pengerjaan relatif cepat,
  • Rapi karena melalui proses cetak, 
  • Dapat membentuk detail yang rumit, 
Sifat-sifat  GRC lainnya yaitu :
  • Tahan cuaca, tahan api, tahan korosi, tidak berjamur dan anti rayap serta tahan abrasi.
  • Tidak terpengaruh sinar Ultra Violet.
  • Tidak mengandung asbestos.
  • Biaya perawatan yang rendah.
  • Mudah dicat.

Jenis-jenis GRC

Terdapat 2 (dua) jenis GRC yang tersedia dipasaran, yaitu berbentuk GRC panel lembaran dan GRC cetak.

GRC panel lembaran secara fisik berbentuk papan semen. Papan Semen merk GRC board dan Versaboard adalah Papan Semen yang paling banyak di jual di toko toko bahan bangunan. 1 lembar GRC board memiliki ukuran panjang dan lebar standar yaitu 122 cm x 244 cm dengan ketebalan bervareasi mulai dari 3 mm s.d 18 mm. 

GRC panel lembaran biasa digunakan untuk pembuatan panel dinding, partisi ruang, plafon, coper kolom struktur, kamar mandi, dan lain-lain.

grc cetak ornamen
GRC dapat dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan [NOQTAH Art]

Sedangkan GRC cetak biasa diperuntukkan untuk pembuatan model khusus. Bentuknya bisa sangat beragam, menyesuaikan dengan desain yang kita inginkan. 

Proses pembuatan GRC cetak tergolong rumit dan untuk mendapatkannya kita harus pesan karean belum tentu model atau desain yang kita butuhkan tersedia dipasaran. GRC jenis ini biasa diperuntukkan untuk membuat elemen dekoratif  seperti ornamen, patung, pot, sofi-sofi, tutup kolom, hiasan kepala kolom, kubah, menara, krawangan, partisi ruang bermotif, profil,  plafon motif, cover gedung, dan lain-lain.

Sistem Pemasangan GRC

Sistem pemasangan panel GRC relatif mudah. Sebagai gambaran untuk membuat sebuah partisi ruang menggunakan papan GRC, dimulai dengan pembuatan rangka hollow, kayu atau furring sebagai dudukan panel GRC dan  menggunakan paku atau skrup khusus GRC untuk pemasangannya lalu setiap sambungan antar panel dirapihkan dengan menggunakan  flexible joint sealant atau kompon.

Aplikasi Plafon GRC pada Rangka Hollow
[Aneka Karya Tangguh]

Aplikasi Plafon GRC pada Rangka Kayu
[Aneka Karya Tangguh]

Aplikasi Plafon GRC pada Rangka Furring
[Aneka Karya Tangguh]

Aplikasi partisi GRC pada Rangka Furring
[Aneka Karya Tangguh]

Untuk pemasangan GRC cetak dengan desain khusus seperti ornamen krawangan, dibeberapa bagian panelnya telah dilengkapi dengan  fitting- fitting besi. Fitting- fitting ini kemudian digabungkan dengan rangka besi penahan beban yang dapat dipasang terlebih dahulu. Sistem pemasangan lainnya; bisa menggunakan rangka Stud Frame dan langsung dipasang dengan Dynabolt ke beton atau dinding utama.

Baca Juga :

  Proses Pemasangan Ornamen kubah GRC cetak



Beberapa aplikasi produk GRC cetak





adv/http://www.robians.com|https://3.bp.blogspot.com/-v_9FN6rdUwY/WNTiRhwB1vI/AAAAAAAACDQ/v2RrAjC9gvgyGaKtckZJc2hPRLZecFcMACPcB/s1600/adv-5.jpg

Random Posts

randomposts

Like Us

fb/https://www.facebook.com/robiansindonesia