Menara Masjid dan pengaruhnya dalam seni arsitektur Islam - Robians.com

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

3/23/2018

Menara Masjid dan pengaruhnya dalam seni arsitektur Islam

Menara Masjid Nabawi - Madinah. Foto : Yusuf_artist
Menara masjid - Pada masa rasulullah SAW suara adzan dikumandangkan dari atas atap rumahnya di madinah. Hal tersebut dilakukan agar panggilan suara adzan dapat terdengar oleh ummat islam. Pada saat itu masjid Quba yang dibangun nabi Muhammad SAW belum dilengkapi menara.

Menara masjid pertama berdiri ditemukan di Damaskus tepatnya pada tahun 673 Masehi atau 41 tahun setelah nabi wafat. Versi lain mengatakan bahwa gagasan pembuatan menara masjid diprakarsai oleh Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan pada tahun 665 di kota Basrah.

Menara masjid Umayyah di Damaskus - Syria. Foto : Anthony Papone

Sejak saat itu menara pada masjid menjadi bagian yang tak terpisahkan meski fungsinya sudah bergeser tidak lagi menjadi tempat berdirinya muadzin melantunkan adzan dan kini hanya berfungsi untuk penempatan pengeras suara, namun lebih dari itu menara kini menjadi simbol arsitektur islam yang sangat mengagumkan.

Perkembangan Bentuk Manara Masjid.

Seiring dengan berlalunya waktu dan berubahnya fungsi menara, beberapa bentuk menara masjid terus berkembang. Seniman dan arsitek muslim terus melakukan inovasi dengan mengkreasikan bentuk menara yang semula sederhana menjadi lebih bernilai dengan memasukan unsur-unsur seni didalamnya.

Menara masjid Sultan Qaitbay di Cairo - Mesir,
berdiri tahun 1307 M. | Foto : patterninislamicart.com
Bentuk menara masjid yang semula didominasi bentuk persegi empat, lalu berubah kemudian dengan menggabungkan beberapa bentuk lain seperti segi enam, segi delapan, lingkaran dan terkadang dengan perwujudan bentuk lainnya yang tidak lazim.

Menara Masjid Sultan Qaitbay di Mesir misalnya. Dari penampakannya bisa dinilai bahwa pembuatan menara ini dilakukan secara cermat. Detail setiap sisi dan bentuk menara ini sungguh  sangat menawan. Kombinasi yang pas dan bentuk yang proforsional ditambah ornamen dan Muqarnas didalamnya.  Menara ini hingga kini masih kokoh berdiri. Sungguh sangat mengagumkan.






Post Top Ad

Responsive Ads Here