Kaligrafi

Perlombaan Kaligrafi Internasional IRCICA 2018 kembali digelar.

Lomba kaligrafi internasional IRCICA Turki 2018

Pusat Penelitian Sejarah, Seni dan Kebudayaan Islam IRCICA Turki kembali mengadakan kegiatan rutin bergengsi yaitu lomba kaligrafi tingkat internasional. Dalam edisi penyelenggaran di tahun 2018, IRCICA berinisitif menjadikan nama tokoh kaligrafi Mehmet Shawqi Efendi (1245-1304 H/1928-1887 M) sebagai tema kegiatan perlombaan.

Mehmet Shawqi Efendi sendiri merupakan tokoh yang berperan penting dalam sejarah perkembangan kaligrafi Islam dunia. Dilahirkan pada tahun 1245 H/1829 M, sebuah desa kecil bernama Seyyidler dikawasan Kastamuno Turki yang kemudian berhijrah ke kota Istambul di usianya yang masih belia. Shawqi kecil kemudian mempelajari beberapa gaya penulisan khat seperti Sulus, Naskhi dan Riq'ah kepada pamannya yang bernama Mehmet Hulusi Efendi dan mendapatkan ijazah pada tahun 1257 H/1841 M.

Seperti halnya kegiatan perlombaan sebelumnya, dalam sayembara kaligrafi tahun ini IRCICA kembali memberikan kesempatan kepada seluruh kaligrafer dunia untuk ikut serta dalam kegiatan akbar 3 (tiga) tahunan ini untuk ikut serta berpartisipasi.

Format kegiatan sayembara memungkinkan kesempatan bagi siapapun dan dari manapun dibelahan dunia ini untuk sama-sama berlomba syiar kebudayaan islam dan melestarikannya. Dengan format sayembara peserta hanya cukup mengirimkan karya ke alamat panitia penyelenggara di Turki dan memastikan karya yang dikirim sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan panitia penyelenggara.

Bertindak sebagai Juri Lomba kaligrafi IRCICA kali ini adalah : Dr, Helit Eren selaku Direktur IRCICA, Dr. AbdulRidha Dawood dari Irak, Belaid Hamidi dari Marocco, Daud Bektas dari Turki, Fuat Basar dari Turki, M. Jalil Rasuli dari Iran, Mehmet Ozcay dari Turki, Mosaad Mostafa Khodeir dari Mesir, Ubeyde Albanki dari Syiria. Bertindak sebagai penasehat ada Ahmed Zia Ibrahim dari Saudi Arabia, Hasan Celebi dari Turki, Prof. Husrev Subasi dari Turki, Prof. M. Ugur Derman dari Turki, dan Dr. Muhammed Cherifi dari Aljajair.

Kategori lomba internasional IRCICA Turki terdiri dari cabang kaligrafi Thuluth, Naskhi, Muhaqqaq, Thuluth-Naskhi, Ta'liq Jaly, Ta'liq (Naskh Ta'liq), Diwani Jaly, Diwani, dan Kufi.

KALENDER KEGIATAN LOMBA KALIGRAFI INTERNASIONAL IRCICA 2018
  • Batas Akhir pendaftaran peserta tanggal 31 Desember 2018 
  • Batas akhir penyerahan karya lomba pada tanggal 28 Februari 2018 
  • Pengumuman hasil perlombaan pada April 2019 
Tunggu apalagi, untuk anda para penggiat, pecinta, pelaku seniman kaligrafi Indonesia, segera sebarkan kabar gembira ini dan pastikan anda tidak melewatkan kesempatan emas ini.

Untuk info lebih lanjut mengenai petunjuk teknis dan formulir lomba kaligrafi internasional IRCICA Turki 2018, silahkan anda live Preview atau download pada tombol yang telah disediakan. Terdapat 2 versi bahasa yang ada, yaitu dalam versi bahasa Arab dan Bahasa Inggris.



Download (Inggris) Download (Arab)
adv/https://noqtahcalligraphy.indonetwork.co.id/products/dekorasi-kaligrafi-33857|https://2.bp.blogspot.com/-Xr9d8K7JKFs/Wwoo2oBmXPI/AAAAAAAAMLY/92LdoL1KZWAr2V1UAUXzLIh_g3Cf6_UPACLcBGAs/s1600/spesialis%2Bkaligrafi.png

Random Posts

randomposts

Like Us

fb/https://www.facebook.com/robiansindonesia